Analisis Persepsi Pengunjung dan Manfaat Ekonomi Keberadaan Kampung Budaya Sindangbarang
Abstract
Kampung Budaya Sindangbarang (KBS) adalah tempat wisata berbasis desa. KBS berfungsi untuk mengenalkan berbagai budaya Sunda. Dalam beberapa tahun terakhir, tingkat pengunjung KBS menurun drastis. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis persepsi masyarakat terhadap dampak sosial, ekonomi, dan lingkungan yang timbul dari aktivitas wisata KBS; (2) Menganalisis persepsi pengunjung terhadap wisata KBS; (3) Mengestimasi manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitar KBS. Metode yang digunakan adalah Analisis Deskriptif, Skala Likert, Analisis Pendapatan share dan covering. Hasil penelitian menunjukkan persepsi masyarakat lokal terhadap manfaat ekonomi dan sosial dinilai kurang memberikan manfaat yang berarti (skor 2,41). Dari sisi lingkungan, masyarakat menilai keberadaan KBS tidak memberikan pengaruh yang buruk terhadap lingkungan (skor 2,80). Hasil analisis persepsi pengunjung menunjukkan bahwa secara umum pengunjung cukup puas dengan kondisi wisata alam dan fasilitas yang ada (skor 2,84). Dari sisi manfaat ekonomi bagi masyarakat, nilai share pendapatan wisata terhadap pendapatan total rumah tangga sebesar 29,41% untuk pemilik usaha dan 22,59% untuk tenaga kerja di KBS. Nilai share ini menunjukkan rendahnya dampak ekonomi dari KBS terhadap pendapatan masyarakat setempat. Hal ini diperkuat dengan rendahnya nilai covering pendapatan wisata terhadap pengeluaran rumah tangga (25,38% untuk pemilik usaha dan 46,04% untuk tenaga kerja).