Model Optimasi Supply Wisata Alam Destinasi Ciwiwdey
View/ Open
Date
2020Author
Sukirno, Pradina A
Basuni, Sambas
Sudradjat, Adjat
Metadata
Show full item recordAbstract
Evaluasi tujuan wisata berdasarkan supply dan persepsi sisi permintaan sangat
penting dalam pariwisata, terutama untuk menentukan kebijakan investasi masa
depan. Evaluasi dari sisi permintaan menunjukkan tingkat kepuasan dan efek
revisitnya terhadap turis di objek wisata tertentu sembari menentukan kurangnya
faktor pasokan dapat digunakan untuk mengoptimalkan pasokan di masa depan.
Penelitian ini bertujuan untuk membangun model optimasi supply di destinasi
wisata alam Ciwidey, agar dapat memaksimalkan layanan bagi wisatawan yang
berkunjug ke Ciwidey serta Merancang Managemen Kolaborasi dalam rangka
optimasi supply destinasi wisata Ciwidey. Proses mendapatkan dan mempelajari
persepsi pengelola dan persepsi pengunjung terhadap layanan yang ada di wisata
alam destinasi Ciwidey berlangsung dalam tiga langkah, pertama adalah
pengisisan kuisioner dengan jumlah responden sebanyak 120 yang mana dalam
tiap lokasinya diwakili 30 responden. Kedua adalah wawancara dan ketiga ialah
studi pustaka. Ketiga data ini akan digunakan untuk persiapan model optimisasi,
yang mana digunakan untuk menganalisis faktor supply yang ada di Destinasi
Ciwidey.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga variabel yang perlu untuk
dioptimalkan, yaitu variabel ketersediaan informasi, transportasi, dan fasilitas
keagamaan. Ketiga variabel tersebut tergolong rendah pada sisi pengunjung.
Setiap variabel terdiri dari indikator-indikator dimana optimalisasi harus
dilakukan secara kolaboratif oleh semua pemangku kepentingan yang
diikutsertakan, diantaranya adalah pemerintah, biro transportasi, dinas kehutanan,
pengelola wisata, dan masyarakat lokal di sekitar lokasi wisata. Sisi layanan
khusus yang meliputi variabel layanan khusus (objek dan daya tarik wisata, sarana
dan prasarana, kegiatan wisata dan konservasi) yang ada di empat lokasi
penelitian memiliki perbedaan signifikan disetiap lokasinya. Pemenuhan supply
yang bertitik pada kuadran II setiap lokasi harus dievaluasi oleh pengelola
keempat lokasi wisata berdasarkan evaluasi dari sisi persepsi pengunjung.
Peningkatan layanan baik umum maupun khusus untuk destinasi Ciwidey
membutuhkan kolaborasi yang terkordinasi oleh seluruh stakeholder yang terlibat.
Rekomendasi kinerja indikator dan kolaborasi stakeholder terkait serta pembuatan
Ciwidey Tourism Center menjadi tawaran dari peneliti untuk kedepannya bisa
digunakan demi pengoptimalisasian layanan wisata alam destinasi Ciwidey.
Collections
- MT - Forestry [1373]