Peran Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).
Abstract
Pertumbuhan dan perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah
(UMKM) memberikan dampak positif bagi perekonomian Indonesia. Usaha
Mikro Kecil dan Menengah digunakan untuk mengurangi pengangguran dan
menyerap tenaga kerja. Pemasaran menjadi salah satu masalah utama yang
dihadapi oleh UMKM. Komunikasi pemasaran terpadu dapat digunakan untuk
memperkenalkan produk kepada pelanggan dengan menggunakan komponenkomponen
yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran
komunikasi pemasaran terpadu pada peningkatan pendapatan UMKM. Penelitian
ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang didukung oleh data kualitatif
dengan responden sebanyak 33 orang. Hasil penelitian yang diperoleh
menunjukkan bahwa tidak ada hubungan signifikan antara karakteristik UMKM
dengan komunikasi pemasaran terpadu, tidak terdapat hubungan signifikan antara
karakteristik pelaku UMKM dengan komunikasi pemasaran terpadu, terdapat
hubungan yang signifikan antara komponen komunikasi pemasaran terpadu
dengan peningkatan pendapatan UMKM, dan terdapat hubungan yang signifikan
antara komunikasi pemasaran terpadu dengan peningkatan pendapatan UMKM.