Analisis Pemasaran Ikan Bandeng di Kecamatan Juwana Kabupaten Pati
Abstract
Ikan bandeng merupakan salah satu komoditas unggulan di Kabupaten Pati. Kecamatan Juwana merupakan daerah penghasil ikan bandeng terbesar di Kabupaten Pati. Terdapat beberapa kendala dalam pemasaran ikan bandeng di Kecamatan Juwana, yaitu koordinasi antar pelaku pemasaran yang tidak ada, pasokan ikan bandeng yang tidak menentu, dan informasi pasar yang diperoleh pelaku pemasaran yang tidak merata. Harga ikan bandeng yang fluktuatif dan marjin pemasaran yang relatif besar menyebabkan terjadi selisih harga jual dan harga beli ikan bandeng. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem pemasaran ikan bandeng dan tingkat efisiensi pemasaran ikan bandeng di Kecamatan Juwana. Survei dilakukan kepada pembudidaya dan lembaga pemasaran ikan bandeng di Kecamatan Juwana. Metode pengumpulan data menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Efisiensi pemasaran diukur dengan menggunakan marjin pemasaran, farmer’s share, dan rasio keuntungan terhadap biaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima saluran pemasaran ikan bandeng di Kecamatan Juwana. Saluran yang relatif lebih efisien yaitu saluran pemasaran 5 (pembudidaya → pedagang eceran → konsumen akhir) dengan nilai marjin pemasaran sebesar Rp 4 000 per kilogram, nilai farmer’s share sebesar 82.61 persen, dan nilai rasio keuntungan terhadap biaya sebesar 1.13.
Collections
- UT - Agribusiness [4610]