Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Konsumen Membeli Sayur dan Buah Melalui E-commerce
Abstract
Laju perkembangan teknologi dan internet telah menggeser zaman
hingga ke revolusi industri 4.0. Salah satu pengaruhnya pada bisnis di sektor
pertanian, yaitu munculnya e-commerce pertanian. Akibatnya, berbelanja
sayur dan buah melalui e-commerce menjadi tren bagi konsumen. Oleh
karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang
memengaruhi keputusan konsumen dalam membeli sayur dan buah melalui
e-commerce. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability
sampling menggunakan teknik purposive sampling . Metode
analisis data yang dipakai adalah analisis deskriptif dan regresi linear
berganda. Hasil penelitian desktiptif menunjukan bahwa 1.) Secara
keseluruhan faktor tersebut memiliki kontribusi dan berpengaruh signifikan,
secara parsial faktor yang paling berpengaruh dengan arah positif dan
signifikan yaitu faktor keamanan. 2.) Secara simultan, faktor sosial, pribadi,
psikologis, keamanan, promosi dan atribut produk dapat menjelaskan sebesar
52,3 persen terhadap keputusan pembelian.
Collections
- UT - Agribusiness [4611]