Pengaruh Electronic Word of Mouth (eWOM) dan Emosi terhadap Perilaku Knowledge Sharing Isu Food Waste dengan Model AISAS
Abstract
Perilaku knowledge sharing merupakan kegiatan berbagi informasi atau
pengalaman yang menjadi tahapan terakhir pada model AISAS. Model AISAS
merupakan model pengembangan perilaku konsumen yang terdiri atas 5 tahap
yaitu Attention, Interest, Search, Action, dan Share. Penelitian ini secara umum
bertujuan untuk menganalisis pengaruh electronic word of mouth (eWOM) dan
emosi terhadap perilaku knowledge sharing isu food waste. Penelitian ini
menggunakan data primer sebagai sumber data acuan utama. Desain penelitian
yang digunakan adalah cross sectional study dengan metode self-administered
menggunakan kuesioner online. Pengambilan data dilakukan pada bulan April
2020 selama dua minggu. Pemilihan lokasi dilakukan secara acak di dua
universitas di Indonesia yang memiliki unit kegiatan mahasiswa di bidang food
waste. Pengambilan contoh menggunakan voluntary sampling dengan kriteria
mahasiswa anggota komunitas bidang food waste dan non-food waste dengan total
sebanyak 302 orang. Analisis data menggunakan SPSS 25.0 dan LISREL 8.80.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada
attention, interest, search, action, share, eWOM, dan emosi antara komunitas
bidang food waste dan bidang non-food waste. Antar variabel dalam tahapan
AISAS memiliki pengaruh yang signifikan, kemudian variabel eWOM juga
berpengaruh signifikan terhadap setiap variabel dalam tahapan AISAS. Emosi
memiliki pengaruh yang signifikan terhadap action. Namun, penelitian ini
menemukan bahwa emosi tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku
knowledge sharing.