Pengaruh Motivasi dan Persepsi Risiko Terhadap Niat Beli Pangan Organik Melalui E-Commerce (Studi Kasus Generasi Milenial di Jabodetabek).
Abstract
Konsumen dapat merasakan dampak positif dan negatif dari kehadiran e-commerce. Pangan organik sebagai salah satu kebutuhan bagi milenial yang mulai digemari dengan tujuan dalam pemenuhan kesehatan dan menjaga kelestarian lingkungan. Kebutuhan ini dapat dicapai melalui pemanfaatan e-commerce sebagai media transaksi jual beli. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi karakteristik, motivasi, persepsi risiko, dan niat beli milenial di Jabodetabek serta menganalisis pengaruh motivasi dan persepsi risiko terhadap niat beli pangan organik melalui e-commerce. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Metode analisis data yang dipakai adalah metode analisis deskriptif dan Structural Equation Modeling (SEM) dengan pendekatan Partial Least Square (PLS). Hasil analisis deskriptif menunjukkan motivasi, persepsi risiko, dan niat beli generasi milenial berada di kategori tinggi. Hasil analisis SEM-PLS menunjukkan motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli, namun persepsi risiko tidak berpengaruh signifikan terhadap niat beli.
Collections
- UT - Agribusiness [4611]