Analisis Kelayakan Usaha Kosmetika Alami di CV. Saesha Cantika Indonesia
View/ Open
Date
2020Author
Putri, Levana Masitajasmin
Tinaprilla, Netti
Metadata
Show full item recordAbstract
Di era modern saat ini, trend penggunaan kosmetika terus meningkat dan
menjadikan produk kosmetika sebagai kebutuhan primer sehari-hari. Adanya trend
back to nature mengubah pola pikir masyarakat untuk menggunakan produk
kosmetika alami. Saesha Cantika Indonesia merupakan perusahaan kosmetika alami
yang memiliki rencana pengembangan yaitu dalam hal diversifikasi produk dan
pengadaan rumah produksi baru. Penelitian ini dilakukan untuk menilai
perencanaan investasi jangka panjang pada rencana pengembangan yang akan
dilakukan Saesha. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian meliputi
analisis kelayakan aspek non finansial dan aspek finansial. Berdasarkan aspek non
finansial, rencana pengembangan usaha Saesha layak dilakukan dengan skor
kelayakan pada masing-masing aspek non finansial diatas 50 persen. Sedangkan
pada aspek finansial nilai NPV yang diperoleh adalah sebesar Rp 1 074 651 604,
IRR sebesar 19.92 persen, Net B/C sebesar 2.432, dan payback period selama 5
tahun 4 bulan. Berdasarkan analisis switching value menunjukan usaha kosmetika
alami Saesha sensitif terhadap perubahan jumlah input lidah buaya dan jumlah
penjualan.
Collections
- UT - Agribusiness [4251]