Analisis Kepuasan Anggota terhadap Pelayanan Primer Koperasi Produsen Tempe dan Tahu Indonesia Jakarta Selatan.
View/ Open
Date
2020Author
Muttaqien, Adelivia Anjani Rafikamal
Pambudy, Rahmat
Metadata
Show full item recordAbstract
Primer Koperasi Produsen Tempe dan Tahun Indonesia (Primkopti) Jakarta
Selatan menghadapi persaingan dalam penjualan kedelai impor, terutama pada
tingkat harga. Hal ini menyebabkan ketidakkonsistenan anggota dalam pembelian
kedelai pada Primkopti Jakarta Selatan. Di samping itu, hasil pra survei
menunjukkan adanya perbedaan kepuasan berdasarkan skala usaha perajin.
Evaluasi kepada anggota sebaiknya dilakukan untuk mendeskripsikan karakteristik
anggota, mengetahui tingkat kepentingan dan persepsi kinerja pelayanan serta
kepuasan. Analisis dilakukan kepada 102 anggota yang diperoleh dengan metode
convenience sampling. Responden dibagi menjadi dua kategori, perajin skala kecil
dan besar. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan diproses menggunakan
analisis servqual, importance performance analysis dan customer satisfaction
index. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan tingkat kepentingan dan
persepsi kinerja serta kepuasan pada skala usaha kecil dan besar. Secara
keseluruhan, kepuasan anggota terhadap pelayanan Primer Koperasi Produsen
Tempe dan Tahun Indonesia (Primkopti) Jakarta Selatan berada pada kategori puas.
Collections
- UT - Agribusiness [4251]