Perancangan Mobile User Experience Aplikasi Koper Pustaka Menggunakan Metode The Wheel
Abstract
Penelitian ini berfokus pada pembuatan aplikasi Koper Pustaka berbasis mobile. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan rancangan mobile user experience untuk aplikasi sistem Koper Pustaka berdasarkan kebutuhan pustakawan. Sistem ini dikembangkan untuk memudahkan masyarakat dalam memperoleh buku dengan mudah. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan metode The Wheel yang diperkenalkan oleh Hartson dan Pyla. Metode The Wheel terdiri atas analisis, desain, prototipe, dan evaluasi. Keluaran dari penelitian ini adalah sebuah rancangan mobile user experience aplikasi Koper Pustaka dalam bentuk medium fidelity prototype. Prototipe dirancang dengan memperhatikan kebutuhan pengguna dan aspek pengalaman pengguna agar dapat digunakan secara optimal. Prototipe diuji kepada dua tipe pengguna yaitu pustakawan dan pemustaka. Pada iterasi pertama pengujian pustakawan dilakukan pada seorang pustakawan yang menggagas Koper Pustaka dengan tingkat keberhasilan 76%. Pengujian untuk tipe pemustaka dilakukan kepada 5 responden dengan tingkat keberhasilan 83%. Pengujian pada iterasi kedua kepada pustakawan mengalami kenaikan dengan tingkat keberhasilan 84%, sedangkan pengujian terhadap responden pemustaka diperoleh tingkat keberhasilan 89%.
Collections
- UT - Computer Science [2236]