Faktor Pemasaran yang Mempengaruhi Preferensi Konsumen dalam Pengambilan Keputusan Penggunaan GO-JEK di Kota Bogor
Abstract
Sebagai salah satu jasa transportasi online yang paling banyak diminati saat ini GO-JEK harus memiliki strategi pemasaran yang efektif dan inovatif untuk mendapatkan dan mempertahankan konsumennya. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor apakah yang memengaruhi pengambilan keputusan konsumen dalam menggunakan GO-JEK. Metode pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan SEM Lisrel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 7 faktor berpengaruh signifikan dalam memengaruhi keputusan penggunaan GO-JEK, yaitu kualitas pelayanan driver dan grafis, perkembangan teknologi, demografis dan psikografis, perbedaan individu, pengaruh pertemanan, fasilitas pendukung, dan promosi below the line. Faktor dominan yang paling berpengaruh dalam menggunakan GO-JEK adalah kualitas pelayanan driver dan grafis yang memiliki nilai indikator 0.54.
Collections
- UT - Agribusiness [4256]