Analisis Daya Saing Minyak Atsiri Indonesia di Pasar Internasional
Abstract
Minyak atsiri merupakan salah satu komoditas subsektor perkebunan berperan
cukup besar dalam memberikan kontribusi terhadap perekonomian Indonesia. Indonesia
merupakan negara eksportir minyak atsiri peringkat sepuluh dunia dan pada tahun 2018
memiliki bagian terhadap nilai total ekspor dunia sebesar 3,20% (ITC 2019). Tren
sepuluh tahun terakhir menunjukkan nilai ekspor minyak atsiri Indonesia masih
berfluktuatif walaupun cenderung meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis daya saing minyak atsiri Indonesia di Pasar Internasional dan kemudian
dibandingkan dengan negara pesaing utama menggunakan metode Revealed
Comparative Advantage (RCA) dan Export Product Dynamic (EPD). Analisis faktorfaktor
yang memengaruhi ekspor minyak atsiri Indonesia di Pasar Internasional
dilakukan dengan analisis data panel gravity model. Periode yang digunakan adalah
tahun 2009-2018. Hasil analisis menunjukkan bahwa minyak atsiri Indonesia berdaya
saing kuat di negara Amerika Serikat, Perancis, Spanyol, dan Singapura. Hasil
Perhitungan EPD menunjukkan bahwa posisi pasar minyak atsiri Indonesia berada di
posisi Rising Star di Amerika Serikat dan India, Falling Star di Perancis, Spanyol, dan
Singapura. Hasil estimasi Gravity Model didapatkan bahwa variabel harga ekspor
minyak atsiri Indonesia, nilai tukar rupiah riil terhadap mata uang negara tujuan ekspor,
dan jarak ekonomi Indonesia ke negara tujuan berpengaruh signifikan terhadap nilai
ekspor minyak atsiri Indonesia.