Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi E-Initiative Patriot Pangan Modul Crowdfunding
View/ Open
Date
2020Author
Putra, Renardi Purnama
Asfarian, Auzi
Buono, Agus
Metadata
Show full item recordAbstract
Indonesia merupakan negara dengan kekuatan perekonomian terbesar keempat di dunia. Namun, Indonesia terancam oleh masalah serius yaitu kerawanan pangan. Pada penelitian sebelumnya dibuat sebuah aplikasi yaitu Patriot Pangan. Akan tetapi aplikasi ini hanya sebatas pelaporan kerawanan pangan belum sampai ke aksi selanjutnya. Maka dari itu penelitian ini dibuat untuk menghasilkan rancangan aplikasi mobile E-Initiative Patriot Pangan sebagai platform crowdfunding dengan pendekatan user experience yang dapat membantu mengatasi kerawanan pangan serta mewujudkan ketahanan pangan di Indonesia. Metode yang digunakan dalam proses perancangan aplikasi yaitu The Wheel. Metode ini berupa tahap siklus yang dimulai dari tahap analisis terhadap kebutuhan pengguna dengan menggunakan wawancara, penyebaran kuisoner, dan competitive analysis. Tahap desain dilakukan persona, sketsa, storyboard, dan wireframes. Lalu hasil tahap desain di implementasikan ke bentuk prototipe medium-fidelity. Pada tahap evaluasi prototipe medium-fidelity dilakukan usability testing dengan metode think-aloud dan diperoleh hasil performance task dengan success rate sebesar 85.32%.
Collections
- UT - Computer Science [2322]