Hubungan Electronic Word Of Mouth dengan Keputusan Berkunjung pada Objek Wisata Berbasis Masyarakat Lokal.
Abstract
Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki kekayaan alam
yang melimpah dan budaya yang beranekaragam. Kabupaten Bogor terdapat di
urutan pertama sebagai salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang
memiliki potensi sumber daya dan keindahan panorama alam yang dikelola
sebagai Kawasan-kawasan wisata. Salah satu tempat wisata yang ada di
Kabupaten Bogor adalah Kampoeng Wisata Cinangneng yang mengalami
peningkatan pengunjung secara signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk
Mengidentifikasi faktor-faktor yang memiliki hubungan terhadap keputusan
berkunjung di Kampoeng Wisata Cinangneng dan menganalisis hubungan
Electronic word of mouth terhadap keputusan berkunjung di Kampoeng Wisata
Cinangneng. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan data kuantitatif
berupa kuesioner yang didukung oleh data kualitatif berupa wawancara
mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang memiliki hubungan dengan
keputusan berkunjung pada daya tarik wisata adalah daya tarik budaya,
keramahan masyarakat, kualitas layanan, dan keunikan. Pada dimensi electronic
word of mouth yang memiliki hubungan dengan keputusan berkunjung adalah
mengekspresikan perasaan positif dan perhatian kepada orang lain.