Pengaruh Literasi Keuangan, Persepsi Utang, dan Persepsi Risiko terhadap Minat Mahasiswa dalam Menggunakan Pinjaman Dana Pendidikan Online.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan,
persepsi utang, dan persepsi risiko terhadap minat mahasiswa dalam
menggunakan pinjaman dana pendidikan online. Penelitian menggunakan
metode online survey dengan jumlah sampel sebanyak 280 mahsiswa. Hasil
penelitian menunjukkan literasi keuangan, persepsi utang, persepsi risiko, dan
minat menggunakan pinjaman dana pendidikan online mahasiswa adalah
rendah. Terdapat perbedaan yang signifikan antar tingkatan kuliah pada
pengetahuan keuangan, perilaku keuangan, persepsi utang, persepsi risiko
keuangan, persepsi risiko waktu, persepsi risiko psikologis, dan minat
menggunakan pinjaman dana pendidikan online. Tingkatan kuliah dan
persepsi utang berpengaruh signifikan positif, serta persepsi risiko keuangan
dan persepsi risiko waktu berpengaruh signifikan negatif terhadap minat
menggunakan pinjaman dana pendidikan online.