Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Keefektivan Pembelajaran Program Kejar Paket B Setara SLTP (Studi Kasus Kejar Paket B di PKBM Citra Pakuan, Kota Bogor)
Abstract
Salah satu tugas Pemerintah dalam bidang pendidikan adalah memberikan pelayanan pendidikan yang baik dan merata kepada masyarakat. Program Kejar Paket B diselenggarakan untuk menyukseskan Program Wajib Belajar Sembilan Tahun, dengan perioritas usia 16 sampai 44 tahun bagi masyarakat yang terkendala ( ekonomi, potensi, waktu, geografi, dan hukum). Kegiatan pendidikan yang diadakan di Program Kejar Paket B setara SLTP adalah 60 persen pelajaran dan 40 persen kecakapan hidup. Tujuan Program Kejar Paket B setara SLTP adalah menyiapkan warga belajar untuk mampu mendapatkan peluang melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi dan mendapatkan peluang kerja. Tujuan penelitian adalah menemukan hubungan antara faktor internal dan faktor eksternal warga belajar dengan efektivitas pembelajaran Kejar Paket B dikaji dari perubahan perilaku warga belajar dalam aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian survei yang bersifat deskriptif korelasional. Penentuan lokasi dilakukan dengan cara sengaja, yaitu di Kejar Paket B, PKBM Citra Pakuan, kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Penelitian dilaksanakan bulan Maret sampai dengan April 2007. Populasi sebanyak 40 orang dan sampel diambil secara acak sederhana sebanyak 31 orang lulusan. Uji analisis menggunakan analisis Korelasi Rank Spearman, untuk melihat hubungan antara faktor internal dan eksternal dengan efektifitas pembelajaran Kejar Paket B. Tingkat keefektivan pembelajaran dapat diukur berdasarkan pengetahuan, sikap, keterampilan. Pengetahuan mayoritas responden tergolong kategori tinggi, Sikap mayoritas responden tergolong kategori tinggi, dan Ketrampilan mayoritas responden tergolong kategori sedang. Faktor internal yang berhubungan nyata negatif dengan tingkat efektifitas pembelajaran adalah status sosial ekonomi keluarga. Faktor lainnya seperti usia, jenis kelamin, motivasi, dan pandangan warga belajar terhadap Paket B tidak berhubungan nyata dengan tingkat keefektivan pembelajaran Kejar Paket B. Faktor eksternal yang berhubungan nyata positif dengan tingkat keefektivan pembelajaran Paket B adalah materi pelajaran, kualitas pengajar, intensitas pengajaran, dorongan orangtua, dan peluang kerja. Faktor fasilitas, jarak, dan peluang sekolah tidak berhubungan nyata dengan tingkat keefektivan pembelajaran.
Collections
- MT - Human Ecology [2247]