Pengembangan Prototipe Modul Kustomisasi Produk Pada Website Marketplace Menggunakan Metode Design Thinking
Abstract
Belanja online menjadi tren yang mengubah kebiasaan masyarakat dalam
kegiatan perdagangan. Salah satu kebiasaan masyarakat dalam belanja online yaitu
adanya keinginan personalisasi terhadap produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengembangkan fitur kustomisasi produk pada website marketplace. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Design Thinking. Penelitian ini
menghasilkan prototipe kustomisasi produk pada website marketplace hingga tahap
medium-fidelity yang telah diuji coba kegunaan. Pengujian diukur berdasarkan
aspek performance dan satisfaction. Pengujian pertama dilakukan dengan metode
remote testing. Pada aspek performance, nilai success rate 75% dan miss click rate
53%. Pada aspek satisfaction, prototipe pertama mendapatkan nilai 4.25 dari 6,
yaitu “Cukup mudah” untuk digunakan. Kemudian dilakukan pengujian kedua
dengan metode guerrilla testing dan remote testing. Hasilnya didapatkan kenaikan
persentase pada aspek performance yang cukup signifikan. Pada aspek satisfaction,
prototipe kedua mendapatkan nilai 4.55 dari 6 yaitu “Cukup mudah”, tetapi masih
ada responden yang mengalami kesulitan dalam menggunakan prototipe tersebut.
Collections
- UT - Computer Science [2236]