Hubungan Modal Sosial dan Efektivitas Program Corporate Social Responsibility (CSR) dengan Kemandirian Masyarakat
Abstract
Adanya pertumbuhan perusahaan di Indonesia, diharapkan dapat memperbaiki perekonomian masyarakat lokal, dengan mengembangkan potensi masyarakat lokal melalui aksi pemberdayaan dan kemandirian masyarakat. Kegiatan usaha di Indonesia yang berhubungan dengan pengelolaan sumberdaya alam sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 40 tahun 2007 pasal 74. Sehingga diterapkannya program-program Corporate Social Responsibility menjadi hal yang penting untuk dilaksanakan oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, modal sosial peserta program CSR; efektivitas program CSR; kemandirian masyarakat penerima program CSR; menganalisis hubungan modal sosial dengan efektivitas program CSR; serta menganalisis hubungan efektivitas program CSR dengan kemandirian masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif yang didukung oleh data kualitatif. Data kuantitatif diolah menggunakan analisis Rank Spearman Correlation dengan pemilihan responden menggunakan metode sensus. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan kekuatan modal sosial, tingkat efektivitas program CSR, dan kemandirian masyarakat pada kategori tinggi. Pada penelitian ini terdapat hubungan antara modal sosial dengan efektivitas program CSR, ditemukan pula hubungan antara efektivitas program CSR dengan kemandirian masyarakat.