Pengaruh Ekuitas Merek Kedai Kopi terhadap Minat Beli Ulang Pelanggan di Bikin Kopi Kota Bogor
Abstract
Bikin Kopi merupakan salah satu kedai kopi yang berada di Kota Bogor. Persaingan yang ketat pada bisnis kedai kopi, membuat penciptaan merek yang kuat menjadi bagian penting dalam mempertahakan ekuitas merek. Tujuan penelitian ini adalah 1) menganalisis penilaian pelanggan terkait elemen ekuitas merek Bikin Kopi, 2) menganalisis minat beli ulang pelanggan Bikin Kopi, dan 3) mengidentifikasi pengaruh ekuitas merek terhadap minat beli ulang pelanggan di Bikin Kopi. Data primer dari 100 responden didapatkan melalui penyebaran kuesioner langsung dengan teknik convenience sampling. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif dan SEM dengan pendekatan SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan ekuitas merek dan minat beli ulang pelanggan Bikin Kopi berada pada ketegori baik. Elemen-elemen ekuitas merek dan minat beli ulang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap masing-masing variabel laten yang dituju. Secara keseluruhan variabel laten ekuitas merek berpengaruh signifikan terhadap variabel laten minat beli ulang. Perlu revitalisasi merek dan peningkatan brand awareness melalui promosi kreatif dan aktif untuk meningkatkan ekuitas merek Bikin Kopi.
Collections
- UT - Agribusiness [4610]