Strategi Pengembangan Agribisnis Ikan Hias Air Tawar Dalam Meningkatkan Ekonomi Wilayah Kota Bogor
Abstract
Ikan hias air tawar mempunyai peranan dalam aspek pemberdayaan ekonomi masyarakat. Dalam perkembangannya dapat dijadikan sebagai media pertumbuhan ekonomi sehingga sangat perlu untuk dieksplorasi potensinya. Penelitian ini menganalisis tentang keunggulan daya saing ikan hias di wilayah Kota Bogor memakai metode Porter (Porter’s Diamond Theory). Analisis manfaat dan biaya dari usaha ikan hias yang dilakukan pembudidaya ikan hias di Kota Bogor, menggunakan Net Present Value (NPV), Net B/C Ratio dan Internal Rate of Return (IRR). Analisa terhadap persepsi stakeholders dalam pengembangan agribisnis ikan hias metode yang digunakan adalah Analytical Hierarchy Process (AHP). Keunggulan daya saing ikan hias air tawar di Kota Bogor lemah, ini disebabkan sarana dan prasarana seperti pakan masih didatangkan dari luar Kota Bogor selain kurangnya sumberdaya ilmu pengetahuan dan teknologi ikan hias. Tingkat kelayakan usaha dari skala usaha kecil, menengah dan besar layak dikembangkan namun hasil uji analisis sensitivitas usaha kecil beresiko tinggi. Berdasarkan persepsi stakeholders pengembangan ikan hias air tawar di Kota Bogor pemasaran menjadi prioritas terpenting dengan jalur pasar internasional. Strategi yang dirumuskan adalah : 1) Menumbuh kembangkan jaringan pasar; 2) Optimalisasi sumberdaya pendukung ikan hias; 3) Peningkatan Skala Usaha Kecil Menjadi Skala Usaha Menengah; 4) Optimalisasi produksi; 5) Meningkatkan pasar; 6) Menentukan kebijakan yang kondusif terhadap usaha ikan hias; 7) Peningkatan Sumberdaya manusia pembudidaya ikan hias; dan 8) Memperkuat modal usaha.
Collections
- MT - Economic and Management [2878]