Pengambilan Keputusan Pembelian Susu Cair Oleh Konsumen Remaja di Kota Sukabumi Jawa Barat
View/ Open
Date
2019Author
Nursalama, Khafiya
Cyrilla, Lucia
Soenarno, Muhammad Sriduresta
Metadata
Show full item recordAbstract
Produk minuman yang ditawarkan pada zaman sekarang bervariasi mulai dari kemasan dan rasanya, akan tetapi kandungan gizinya kurang. Susu cair merupakan salah satu produk minuman yang baik untuk kesehatan tubuh. Pengambilan keputusan pembelian susu cair dilihat faktor apa saja yang menjadi pertimbangan responden dalam melakukan pembelian. Responden pada penelitian ini yaitu remaja usia 15-18 tahun. Konsumen remaja adalah salah satu konsumen potensial dalam pembelian sebuah produk. Penelitian ini dilakukan di Kota Sukabumi dengan memberikan kuisioner untuk mengumpulkan data. Jumlah dari responden ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin, dan didapatkan jumlah 100 responden untuk mewakili remaja di wilayah Kota Sukabumi. Hasil analisis meliputi 5 tahap pengambilan keputusan pada pembelian susu cair yaitu tahap pengenalan kebutuhan bahwa responden memilih alasan mengonsumsi susu cair untuk kesehatan tubuh. Tahap pencarian informasi responden mendapatkan informasi dari televisi dan manfaat dari produk yang menjadi fokus perhatian. Tahap evaluasi alternatif responden memilih manfaat dari susu cair tersebut yang akan dipertimbangkan. Tahap proses pembelian responden memilih susu UHT dengan merk Ultramilk yang sering mereka konsumsi. Tahap terakhir yaitu proses pasca pembelian yaitu responden puas dengan produk susu yang mereka konsumsi.