Pengaruh Persepsi Label Halal terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Muslim pada Restoran Cepat Saji di Kota Depok (Studi Kasus: Foodcourt Margo City).
Abstract
Kota Depok memiliki penduduk Muslim dengan persentase mencapai 78.1 % pada tahun 2016 (BPS Jawa Barat 2016). Namun, masih banyak restoran cepat saji di depok yang belum dapat menjamin kehalalan produk pangan yang dijualnya, salah satunya adalah Foodcourt Margo City yang hanya memiliki 8 restoran bersertifikat halal dari total 22 restoran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengidentifikasi pengetahuan dan persepsi tentang pangan halal, dan menganalisis faktor-faktor apa saja yang memengaruhi keputusan konsumen dalam membeli makanan cepat saji di Foodcourt Margo City. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 60 responden dengan teknik purposive sampling. Analisis deskriptif digunakan untuk mengidentifikasi pengetahuan dan persepsi, sementara metode analisis yang digunakan dalam penelitian menggunakan analisis regresi logistik dengan alat bantu Microsoft Excel 2010 dan Statistical Package For Social Science (SPSS) 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan dan persepsi konsumen Muslim sudah cukup baik. Hasil regresi logistik menunjukkan bahwa label halal berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen.
Collections
- UT - Syariah Economic [393]