Preferensi Konsumen Rumah Tangga dalam Pembelian Daging Sapi di Pasar Tradisional Kota Bogor
Abstract
Kebutuhan daging sapi segar konsumen rumah tangga sebagian besar terpenuhi oleh pasar tradisional. Saat ini, jumlah pasar modern di Kota Bogor semakin bertambah dan konsumen mulai beralih untuk berbelanja di pasar modern. Akan tetapi, kondisi tersebut tidak mengurangi minat konsumen rumah tangga untuk membeli daging sapi di pasar tradisional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji proses pengambilan keputusan konsumen, menganalisis preferensi konsumen, dan menganalisis atribut yang paling dipertimbangkan konsumen. Metode sampling yang digunakan adalah convenience sampling dengan 96 responden. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, analisis chi-square, dan analisis fishbein. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan preferensi konsumen terhadap atribut yang ada pada daging sapi. Hasil penelitian juga menyebutkan bahwa sikap konsumen terhadap atribut yang paling dipertimbangkan dalam pembelian daging sapi di pasar tradisional adalah aroma daging sapi.
Collections
- UT - Agribusiness [4610]