Analisis Pemasaran Cabai Merah Besar di Kecamatan Kertajati Kabupaten Majalengka
Abstract
Harga cabai merah besar yang sulit diprediksi menyebabkan tidak
menentunya harga yang diterima petani. Harga cabai merah besar di tingkat
konsumen relatif tinggi tetapi bagian yang diterima petani relatif rendah.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem pemasaran dan efisiensi
pemasaran cabai merah besar di Kecamatan Kertajati. Responden yang terlibat
dalam pengumpulan data berjumlah 22 orang petani dan 18 orang lembaga
pemasaran. Lokasi penelitian dipilih secara purposive sampling dan lembaga
pemasaran dipilih secara snowball sampling. Efisiensi pemasaran secara
kuantitatif dihitung berdasarkan marjin pemasaran, farmer’s share, dan rasio
keuntungan terhadap biaya. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa
pemasaran cabai merah besar di Kecamatan Kertajati dibagi menjadi 5 saluran.
Saluran 2 yang terdiri dari petani-pedagang pengumpul kecamatan-pedagang
grosir-pengecer (Pasar Induk Tanah Tinggi) dinyatakan lebih efisien
dibandingkan saluran lainnya. Saluran 2 memiliki marjin pemsaran sebesar Rp 9
068/kg, farmer’s share sebesar 39.5 persen, dan rasio keuntungan terhadap biaya
sebesar 3.48.
Collections
- UT - Agribusiness [4251]