Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/98345
Title: Analisis Pemasaran Ubi Kayu di Desa Cikarawang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat
Authors: Suharno
Christian, Joshua
Issue Date: 2019
Publisher: IPB University
Abstract: Kecamatan Dramaga merupakan sentra ubi kayu terbesar di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Desa Cikarawang dipilih sebagai lokasi pengambilan responden karena merupakan salah sentra penghasil ubi kayu. Tingginya jumlah produksi ubi kayu diikuti marjin pemasaran yang merupakan tertinggi kedua di Jawa Barat. Munculnya indikasi ketidakefisienan pemasaran karena belum ada informasi mengenai pemasaran ubi kayu di Desa Cikarawang. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi sistem pemasaran, evaluasi pemasaran, dan efisiensi pemasaran. Terbentuk empat pola saluran pemasaran ubi kayu di lokasi penelitian. Saluran pemasaran dikelompokkan menjadi dua yaitu untuk konsumen pengolahan dan konsumen rumah tangga. Ketidakefisienan pemasaran disebabkan oleh keterbatasan volume penjualan dan modal petani dan lembaga level bawah, namun secara umum struktur dan perilaku pasar cenderung mengarah pada pasar kompetitif. Setiap saluran pemasaran membentuk performa marjin pemasaran, farmer’s share, dan rasio keuntungan terhadap biaya yang bervariasi. Saluran pemasaran dua (konsumen pengolahan) dan saluran pemasaran tiga ubi kayu Grade B (konsumen rumah tangga) relatif lebih efisien.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/98345
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File SizeFormat 
H19jch.pdf
  Restricted Access
24.33 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.