Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/85895| Title: | Perancangan User Experience Aplikasi Pembelajaran Isyarat Tangan Nada Angklung Diatonis Menggunakan Intel Realsense |
| Authors: | Ardiansyah, Firman Afif, Khaidir |
| Issue Date: | 2016 |
| Publisher: | Bogor Agricultral University (IPB) |
| Abstract: | Angklung diatonis merupakan alat musik yang dapat dimainkan secara interaktif. Permainan angklung interaktif membutuhkan seorang dirigen yang dapat memberikan arahan nada kepada seluruh pemain. Metode yang paling umum digunakan oleh dirigen angklung adalah metode isyarat tangan nada angklung yang dikembangkan oleh Udjo Ngalagena. Aplikasi yang menerapkan user experience permainan angklung interaktif dapat mendukung pembelajaran metode isyarat tangan. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan aplikasi pembelajaran isyarat tangan nada angklung sesuai dengan user experience permainan angklung interaktif menggunakan Intel RealSense. Intel RealSense digunakan untuk menangkap masukan kombinasi gerakan tangan. User experience dirancang menggunakan metode lean UX melalui dua prototipe, yaitu prototipe medium-fidelity dan prototipe high-fidelity. Prototipe medium-fidelity dievaluasi menggunakan think aloud dan menghasilkan satu respon negatif dari stakeholder. Sementara itu, evaluasi prototipe high-fidelity menghasilkan success rate sebesar 82.8%. Dari 22 sub-task yang gagal, 14 di antaranya disebabkan oleh kesalahan pembacaan kamera Intel RealSense. |
| URI: | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/85895 |
| Appears in Collections: | UT - Mathematics |
Files in This Item:
| File | Size | Format | |
|---|---|---|---|
| G16kaf.pdf Restricted Access | 1.69 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.