Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/60135
Title: Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengunjung KFC Menggunakan Model ACSI (Studi kasus: Pengunjung KFC Taman Topi Bogor)
Authors: Afendi,Farit Mochamad
Alamudi,Aam
Netty, Lola
Keywords: Bogor Agricultural University (IPB)
Issue Date: 2009
Abstract: American Customer Satisfaction Index (ACSI) merupakan salah satu alat untuk mengukur indeks kepuasan secara nasional. Konsep ACSI ini mulai berkembang di Amerika Serikat pada tahun 1994. Meskipun digunakan pada skala besar, ACSI juga digunakan pada skala mikro yaitu pada perusahaan-perusahaan teltentu. Penelitian ini menerapkan model ACSI untuk mengukur tingkat kepuasan pada PT. Fastfood Indonesia, Tbk khususnya pada KFC Taman Topi Bogor. Model ACSI dianalisis dengan model persamaan struktural. Pada model ACSI ini terdapat beberapa peubah laten yang saling berkaitan yaitu harapan konsumen (Customer expectation), kualitas produk (Perceived quality), nilai produk (Perceived value), kepuasan konsumen (ACSI), komplain konsumen (Customer complain), dan loyalitas konsumen (Customer loyalty). Masingmasing peubah laten dijelaskan oleh peubah indikatornya. Hasil evaluasi kecocokan model diperoleh bahwa nilai OFI dan AOFI masing-masing sebesar 0.9973 dan 0.9961, serta RMSEA sebesar 0.1224. Model persamaan struktural yang diperoleh telah menunjukkan model yang cukup baik dengan nilai OFI dan AOFI yang cukup tinggi meskipun RMSEA tidak memenuhi nilai yang disarankan. Model yang diperoleh menunjukkan kepuasan konsumen (ACSI) mempunyai hubungan yang positif dengan tiga faktor utama penentunya yaitu harapan konsumen (Customer expectation), kualitas yang diterima (Perceived quality) dan niJai yang diterima (Perceived value) . Hal ini dapat ditunjukkan dengan koefisien lintas masing-masing sebesar 0.02, 0.92 dan 0.05. Kepuasan konsumen sangat dipengaruhi oleh kualitas yang diterima (Perceived quality), dan memberikan pengaruh yang positif terhadap loyalitas konsumen. Indeks kepuasan terhadap KFC ini adalah sebesar 79.77 pada skala 100.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/60135
Appears in Collections:UT - Statistics and Data Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Abstrak.pdf
  Restricted Access
Abstract308.84 kBAdobe PDFView/Open
BAB I Pendahuluan.pdf
  Restricted Access
BAB I340.71 kBAdobe PDFView/Open
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf
  Restricted Access
BAB II498.21 kBAdobe PDFView/Open
BAB III Bahan dan Metode.pdf
  Restricted Access
BAB III385.89 kBAdobe PDFView/Open
BAB IV Hasil dan Pembahasan.pdf
  Restricted Access
BAB IV480.17 kBAdobe PDFView/Open
BAB V Kesimpulan.pdf
  Restricted Access
BAB V314.66 kBAdobe PDFView/Open
Cover.pdf
  Restricted Access
Cover285.92 kBAdobe PDFView/Open
Daftar Pustaka.pdf
  Restricted Access
Daftar Pustaka314.66 kBAdobe PDFView/Open
G09lne.pdf
  Restricted Access
full text1.09 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran422.75 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.