Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/166666Full metadata record
| DC Field | Value | Language |
|---|---|---|
| dc.contributor.advisor | Saleh, Amiruddin | - |
| dc.contributor.author | Aisyah, Adinda Putri | - |
| dc.date.accessioned | 2025-08-05T03:21:07Z | - |
| dc.date.available | 2025-08-05T03:21:07Z | - |
| dc.date.issued | 2025 | - |
| dc.identifier.uri | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/166666 | - |
| dc.description.abstract | Penulisan naskah memiliki peran strategis dalam produksi video profil, khususnya dalam membentuk narasi yang tidak hanya menyampaikan informasi, tetapi juga menggugah emosi dan memperkuat citra positif perusahaan. Latar belakang penelitian ini muncul dari kebutuhan PT Generasi Edukasi Prima sebagai perusahaan yang bergerak di bidang pendidikan untuk memiliki video profil resmi yang mampu memperkenalkan identitas, visi, misi, serta keunggulan layanan secara menarik dan komunikatif. Video profil ini diharapkan menjadi media promosi strategis yang efektif dalam meningkatkan daya saing perusahaan di era digital yang sarat dengan konten visual. Proyek akhir ini bertujuan untuk menganalisis proses kreatif penulisan naskah video profil PT Generasi Edukasi Prima dan mengevaluasi hasil akhir video yang telah diunggah pada kanal YouTube GEP Media. Penulis menggunakan pendekatan teori AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) sebagai dasar strategi penulisan, agar pesan yang disusun dapat menarik perhatian, membangun ketertarikan, membangkitkan keinginan, hingga mendorong tindakan audiens. Proses kreatif yang dijalankan meliputi tahap praproduksi berupa riset mendalam mengenai perusahaan dan target audiens, penyusunan konsep naratif berbasis storytelling yang relevan dan inspiratif, serta pembuatan storyboard untuk memandu pengambilan gambar agar selaras dengan pesan utama. Pada tahap produksi, penulis naskah terlibat langsung untuk memastikan setiap adegan sesuai dengan naskah dan storyboard, sedangkan pada tahap pascaproduksi, penulis memberikan masukan penting agar video yang dihasilkan tetap konsisten dengan konsep dan tujuan komunikasi perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teori AIDA efektif dalam memperkuat daya tarik video profil. Tahap Attention diwujudkan melalui pembukaan dengan visual dan narasi yang kuat, tahap Interest dibangun melalui cerita perjalanan dan nilai perusahaan; tahap Desire dikembangkan melalui penekanan manfaat emosional dan sosial; sedangkan tahap zn direalisasikan melalui ajakan yang persuasif. Video berdurasi 2 menit 34 detik ini berhasil menjadi media komunikasi visual yang informatif, persuasif, dan representatif terhadap citra PT Generasi Edukasi Prima, sekaligus memperkuat kepercayaan publik dan memperluas jaringan kerja sama di bidang pendidikan. Hasil proyek akhir ini menegaskan pentingnya peran penulis naskah dalam menyusun narasi yang tidak hanya menyampaikan informasi, tetapi juga membangun koneksi emosional dengan audiens. Melalui proses kreatif yang terstruktur dan kolaborasi yang baik dengan tim produksi, video profil ini mampu menjadi media komunikasi strategis yang mendukung upaya penjenamaan serta memperkuat posisi PT Generasi Edukasi Prima sebagai lembaga pendidikan yang adaptif, inovatif, dan relevan di era digital. | - |
| dc.description.abstract | Scriptwriting plays a strategic role in producing profile videos, particularly in shaping narratives that not only convey information but also evoke emotions and strengthen the company’s positive image. This study stems from the need of PT Generasi Edukasi Prima, an education-focused company, to have an official profile video that effectively introduces its identity, vision, mission, and service excellence in an engaging and communicative manner. The video is expected to serve as a strategic promotional medium to enhance the company’s competitiveness in an era dominated by visual content. This study aims to analyze the creative process of scriptwriting for the PT Generasi Edukasi Prima profile video and evaluate the final output uploaded on the GEP Media YouTube channel. The writer applied the AIDA theory (Attention, Interest, Desire, Action) as the main writing strategy to ensure the message can attract attention, build interest, spark desire, and encourage audience action. The methods used included interviews with internal company representatives, direct observation during the production stages, and supporting documentation. The creative process covered the pre-production stage involving in-depth research on the company and target audience, drafting a narrative concept based on relevant and inspiring storytelling, and creating a storyboard to guide filming in line with the main message. During production, the scriptwriter participated actively to ensure each scene matched the script and storyboard, while in post-production, the writer provided essential input to keep the final video consistent with the initial concept and communication goals. The findings show that applying the AIDA theory effectively strengthened the video’s appeal. The Attention stage was realized through impactful visuals and concise narration at the opening; Interest was built through storytelling about the company’s journey and values; Desire was encouraged by highlighting emotional and social benefits; and Action was achieved through persuasive calls to engage further. The final video, lasting 2 minutes and 34 seconds, successfully serves as an informative, persuasive, and representative visual communication medium for PT Generasi Edukasi Prima, enhancing public trust and expanding networks in the education sector. The results of this final project highlight the importance of the scriptwriter’s role in creating narratives that not only share information but also build emotional connections with the audience. Through a structured creative process and effective collaboration with the production team, this profile video becomes a strategic communication tool that supports branding efforts and strengthens PT Generasi Edukasi Prima’s positioning as an adaptive, innovative, and relevant educational institution in the digital era. | - |
| dc.description.sponsorship | null | - |
| dc.language.iso | id | - |
| dc.publisher | IPB University | id |
| dc.title | Proses Kreatif Penulisan naskah dalam Pembuatan Video Profil pada Youtube Generasi Edukasi prima Media | id |
| dc.title.alternative | The Creative Process of Scriptwriting in Producing a Profile Video on YouTube Channel Generasi Edukasi Prima Media | - |
| dc.type | Tugas Akhir | - |
| dc.subject.keyword | Scriptwriter | id |
| dc.subject.keyword | AIDA | id |
| dc.subject.keyword | Creative process | id |
| dc.subject.keyword | Script | id |
| Appears in Collections: | UT - Digital Communication and Media | |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| cover_J0301211284_c894d715861643cf8dd77a0bd8e9bb25.pdf | Cover | 468.71 kB | Adobe PDF | View/Open |
| fulltext_J0301211284_acb0f5f01b9342ac92aee4a46e7d4e87.pdf Restricted Access | Fulltext | 1.42 MB | Adobe PDF | View/Open |
| lampiran_J0301211284_4752643e23c24a07b81bd437755196ae.pdf Restricted Access | Lampiran | 811.26 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.