Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/157566
Title: Storyboarding dalam Penyutradaraan Company Profile Video Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI
Other Titles: 
Authors: Bachtiar, Willy
Sugiarni, Carissa Reyna
Issue Date: 2024
Publisher: IPB University
Abstract: Komunikasi menjadi suatu hal yang penting dikehidupan seiring berjalannya waktu dalam kehidupan masyarakat yang semakin modern, komunikasi sendiri harus bersifat komunikatif agar mudah tersampaikan. Media yang digunakan dalam melakukan komunikasi memiliki beberapa jenis, salah satu yang sering digunakan adalah komunikasi melalui media audio visual yang dapat menarik minat masyarakat saat ini di era digitalisasi. Bentuk dari media audio visual dalam lingkup perusahaan atau instansi salah satunya adalah company profile video. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat sebagai instansi pemerintah idealnya memiliki video company profile yang dapat menjelaskan terkait informasi umum. Metode yang digunakan terdiri atas observasi, partisipasi aktif, dan studi literatur dengan output sebagai alat publikasi informasi kepada masyarakat dan rapat-rapat besar direktorat. Proses penyutradaraan sendiri diawali dari membuat working schedule hingga melakukan produksi atau pengadeganan. Storyboarding dilakukan dalam melakukan penyutradaraan dan memiliki sepulah tahapan dalam pengerjaannya dimulai dari menerima naskah hingga penggunaannya saat produksi agar video yang diproduksi tetap sesuai dengan konsep atau ide awal.
Communication has become an important thing in life as time goes by in an increasingly modern society, communication itself must be communicative so that it is easily conveyed. There are several types of media used in communicating, one of which is often used is communication via audio-visual media which can attract people's interest today in the era of digitalization. One form of audio-visual media within a company or agency is a company profile video. Directorate General of Land Transportation as a government agency should ideally have a company profile video that can explain general information. The method used consists of observation, active participation, and literature study with the output as a means of publishing information to the public and at large directorate meetings. The directing process itself starts from making a working schedule to producing or filming a scene. Storyboarding is carried out in directing and has ten stages in the process starting from receiving the script to using it during production so that the video produced remains in accordance with the initial concept or idea.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/157566
Appears in Collections:UT - Digital Communication and Media

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover_J0301202287_03a6b2b982ea41fc82a5abc7d1e5f774.pdfCover560.23 kBAdobe PDFView/Open
fulltext_J0301202287_99d4debbfc3e4ff7bc4a7361be9b38b1.pdf
  Restricted Access
Fulltext2.14 MBAdobe PDFView/Open
lampiran_J0301202287_1f85055447224029a4cb9276fe4ac2f3.pdf
  Restricted Access
Lampiran1.04 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.