Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/156239
Title: Pengukuran Kinerja Dengan Pendekatan Balanced Scorecard Pad Pt. Riau Pos Intermedia
Authors: Tanopruwito, Djoni
Daryanto, Arief
Riansyah, Rhonny
Issue Date: 2003
Publisher: IPB University
Abstract: Kebebasan pers yang terjadi di Indonesia dengan dicabutnya Peraturan Menteri Penerangan (Permenpen) Nomor 1 Tahun 1984 pada tahun 1998 dan diberlakukannya Undang-Undang Pokok Pers Nomor 40 Tahun 1999 telah meningkatkan intensitas persaingan di bidang industri penerbitan pers. Perusahaan yang bergerak di bidang ini harus secara terus menerus meningkatkan kemampuan manajerialnya untuk dapat bertahan dan memenangkan persaingan. Untuk mencapai keberhasilan kompetitif perusahaan harus memiliki kemampuan yang baik dalam mengelola aktiva berwujud maupun aktiva tidak berwujud yang dimilikinya. Bahkan kemampuan dalam pengelolaan aktiva yang tidak berwujud akan lebih menentukan kemampuan dalam memenangkan persaingan. Salah satu instrumen penting yang harus dimiliki perusahaan adalah adanya sistem pengukuran kinerja yang handal sehingga manajemen perusahaan dapat mengambil keputusan-keputusan yang tepat untuk mencapai tujuan. Berkaitan dengan hal tersebut di atas, maka pada penelitian ini dicoba untuk menerapkan pengukuran kinerja dengan pendekatan Balanced Scorecard pada PT. Riau Pos Intermedia, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang penerbitan pers sesuai dengan kondisi perusahaan. Permasalahan pokok yang diteliti adalah bagaimana kondisi kinerja PT. Riau Pos Intermedia jika diukur dengan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard, yaitu diukur dari perspektif keuangan, customer, proses bisnis internal serta pertumbuhan dan pembelajaran. Data yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari kuesioner yang disebarkan dan wawancara yang dilakukan dengan customer Riau Pos, pimpinan dan karyawan perusahaan serta pihak terkait di luar customer dan perusahaan. Data sekunder diperoleh dari beberapa sumber pustaka yang berasal dari perusahaan dan organisasi terkait, seperti Serikat Penerbit Surat Kabar Indonesia. Sumber pustaka yang dimaksud di sini termasuk laporan keuangan resmi dari perusahaan serta laporan hasil penelitian dan pengamatan perusahaan dan organisasi yang berkaitan dengan perusahaan serta pustaka lainnya yang relevan. Untuk data keuangan diperoleh langsung dari Divisi Akuntansi dan Keuangan perusahaan. Untuk mengukur kepuasan customer pengambilan sampel dilaksanakan pada kota yang memiliki jumlah customer terbesar dengan mempertimbangkan jenis kelamin, usia, pekerjaan, pendidikan dan pengeluaran serta cara customer memperoleh produk. Selanjutnya untuk mengukur aspek inovasi dalam kinerja proses bisnis internal serta pertumbuhan dan pembelajaran dengan responden para pegawai Riau Pos intermedia, sampel diambil secara acak berstrata, yaitu mengambil sampel secara acak sederhana dari setiap strata populasi yang ditentukan terlebih dahulu. Data yang telah terkumpul dianalisis dalam dua pola, yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis kuantitatif menggunakan perhitungan economic value added, return on net asset, tabulasi data, teknik rentang kriteria, uji Mann-Whitney dan indeks perputaran pegawai...dst.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/156239
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
R20RHRA.pdf
  Restricted Access
4.44 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.