Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/155910
Title: Strategi Pengembangan dan Perencanaan Laba Dengan Pendekatan Analisis Biaya Volume Laba Pada Wisata Agro Gunung Mas
Authors: Tanopruwito, Djoni
Harianto
Rahmawaty, Mira
Issue Date: 2001
Publisher: IPB University
Abstract: Teh merupakan salah satu komoditas potensial yang dimiliki Indonesia dan umumnya dibudidayakan di daerah-daerah pegunungan beriklim sejuk yang merupakan pemandangan indah dan menyegarkan sehingga memiliki potensi untuk dijadikan lokasi agrowisata. Salah satu areal perkebunan teh yang telah dikembangkan menjadi obyek agrowisata yang cukup terkenal adalah perkebunan Gunung Mas yang merupakan bagian dari PTP Nusantara VIII. Hal ini didukung oleh kecenderungan meningkatnya jumlah pengunjung dari 263.371 orang pada tahun 1999 menjadi 330.004 orang pada tahun 2000. Namun sektor agrowisata ini masih belum menjadi usaha inti karena dalam laporan manajemen bulanan umum, pendapatan dan biaya-biaya yang dikeluarkan dalam kegiatan agrowisata dimasukkan dalam klasifikasi pendapatan dan biaya lain-lain. Pemisahan antara biaya variabel dan biaya tetap dalam perhitungan biaya belum dilakukan. Pemisahan ini sangat penting untuk dapat melakukan analisis biaya volume dan laba sehingga manajemen akan mampu mengetahui nilai titik impas (break even point) yang selanjutnya dapat digunakan untuk melakukan perencanaan laba. Perencanaan laba dapat memudahkan manajemen untuk menganalisis hubungan antara biaya-biaya yang dikeluarkan, volume output, serta laba secara jelas. Selain itu menarik pula untuk dikaji strategi pengembangan divisi agrowisata Gunung Mas di masa yang akan datang. Masalah yang akan dianalisis dalam penelitian ini mencakup beberapa hal, antara lain menyangkut perilaku biaya (biaya tetap atau variabel), belum adanya penetapan nilai impas (break even point) untuk beberapa sumber pendapatan Wisata Agro Gunung Mas seperti kegiatan teawalk dan penginapan, baik dalam unit output maupun dalam rupiah. Selain itu permasalahan juga menyangkut perencanaan laba serta strategi pengembangan Wisata Agro Gunung Mas di masa yang akan datang berdasarkan kondisi internal dan eksternal. Tujuan penelitian ini antara lain untuk melakukan estimasi fungsi biaya yang dapat memisahkan biaya tetap dan biaya variabel dan menentukan nilai impas pada kegiatan teawalk dan akomodasi penginapan baik dalam jumlah unit maupun dalam rupiah. Penelitian ini juga bertujuan untuk membuat contoh perencanaan laba untuk kedua sumber pendapatan tersebut dan mencari beberapa alternatif strategi pengembangan Wisata Agro di masa depan berdasarkan kondisi internal dan eksternalnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus yang dilaksanakan pada Wisata Agro Gunung Mas (lingkup PTP Nusantara VIII). Data yang digunakan adalah data laporan keuangan yang mencakup pendapatan dan biaya bulanan selama kurun waktu 1999-2000 serta data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dengan pihak manajemen. Untuk menganalisis data, digunakan metode regresi untuk melakukan estimasi fungsi biaya, serta metode analisis biaya volume laba (cost volume profit analysis) untuk menentukan nilai impas baik dalam unit maupun rupiah dan melakukan perencanaan laba. Sedangkan untuk menentukan beberapa alternatif strategi pengembangan Wisata Agro, dilakukan analisis SWOT yang didasarkan pada.....dst.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/155910
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
R18MRY
  Restricted Access
4.6 MBUnknownView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.