Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/154961
Title: PROSES PENYUTRADARAAN VIDEO PROMOSI PARIWISATA CILETUH PALABUHANRATU GEOPARK
Other Titles: Directing Process of Ciletuh Palabuhanratu Geopark Tourism Promotional Video.
Authors: Bachtiar, Willy
Ulya, Enden Darjatul
LESTARI, DEA
Issue Date: 2024
Publisher: IPB University
Abstract: Kabupaten Sukabumi merupakan daerah pariwisata yang masih dalam tahap perkembangan. Pariwisata Sukabumi dikenal dengan sebutan "GURILAPSS", yang merupakan singkatan dari Gunung, Rimba, Laut, Pantai, Sungai, dan Seni Budaya. Kabupaten Sukabumi memiliki pariwisata yang cukup banyak, namun belum dikenal oleh khalayak luas, salah satunya yaitu pariwisata Ciletuh Palabuhanratu Geopark yang telah diakui oleh UNESCO pada tahun 2018. Cara yang dapat dilakukan dapat dikenal oleh khalayak luas yaitu dengan cara mempromosikannya. Hasil pembahasan yang didapat yaitu ada dua, yang pertama mengenai peran sutradara dalam proses video promosi pariwisata Ciletuh Palabuhanratu Geopark yang meliputi pra-produksi, produksi, dan pasca-produksi. Kedua yaitu, Proses penyutradaraan video promosi pariwisata Ciletuh Palabuhanratu Geopark menggunakan teori auteur yaitu ada lima tahapan yang diantaranya penempatan kamera, pencahayaan, panjang adegan, bukan garis plot, dan dapat menyampaikan pesan video.
Sukabumi Regency is a tourism area that is still in the development stage. Sukabumi tourism is known as "GURILAPSS", which stands for Mountain, Jungle, Sea, Beach, River, and Cultural Arts. Sukabumi Regency has quite a lot of tourism, but it has not been known by a wide audience, one of which is Ciletuh Palabuhanratu Geopark tourism which has been recognized by UNESCO in 2018. The way that can be done can be recognized by a wide audience is by promoting it. The results of the discussion obtained are two, the first is about the role of the director in the process of Ciletuh Palabuhanratu Geopark tourism promotional videos which include pre-production, production, and post-production. Second, the process of directing the Ciletuh Palabuhanratu Geopark tourism promotional video uses the auteur theory, which has five stages including camera placement, lighting, scene length, not plot lines, and can convey video messages.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/154961
Appears in Collections:UT - Digital Communication and Media

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover_J1301201002_11ac73b228f646c2be10c20841bc6498.pdfCover410.82 kBAdobe PDFView/Open
fulltext_J1301201002_1130037d010d4737ad83a71c8194246e.pdf
  Restricted Access
Fulltext1.71 MBAdobe PDFView/Open
lampiran_J1301201002_aa661ee68c2f4ed6b51596fbab84c0d4.pdf
  Restricted Access
Lampiran449.02 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.