Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/131723
Title: Analisis strategi pemasaran air madu wanajava di Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah
Authors: Dewi, Febriantina
SM, Fithriani Rahayu
Issue Date: 2012
Publisher: IPB University
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pemasaran produk air madu Wanajava serta merumuskan strategi pemasaran yang tepat dan efektif pada Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah. Penelitian ini dilaksanankan pada bulan Desember 2011 – Januari 2012 di KBM Agroforestry Semarang dan Pabrik Air Madu Wanajava di Pati, Jawa Tengah. Metode penentuan responden dilakukan dengan cara purposive sampling. Responden dalam penelitian ini merupakan pengelola KBM Agroforestry yang paling mengetahui pemasaran air madu Wanajava dan memiliki posisi jabatan strategis di KBM Agroforestry, yakni asisten manajer usaha lain, kepala urusan pemasaran dan kepala divisi R&D. Penelitian ini menggunakan analisis IFE (Internal Factor Evaluation), analisis EFE (External Factor Evaluation), analisis IE (Internal-External), analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities and Threats) dan analisis QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Berdasarkan identifikasi faktor internal, diperoleh delapan faktor kunci kekuatan dan tujuh faktor kunci kelemahan. Analisis matriks IFE menghasilkan nilai rata-rata faktor strategis internal sebesar 2,826. Nilai tersebut mengindikasikan posisi rata-rata perusahaan (2,0-2,99) dalam memanfaatkan kekuatan dan mengatasi kelemahan yang dimiliki perusahaan dengan nilai faktor strategis tertinggi adalah faktor produk yang dihasilkan oleh KBM Agroforestry menggunakan bahan-bahan berkualitas yang terjamin keamanannya dengan nilai rata-rata 0,292. Faktor strategis kelemahan utama perusahaan adalah kegiatan promosi yang masih minim yaitu dengan nilai 0,077. Identifikasi faktor eksternal menghasilkan lima faktor kunci peluang dan empat faktor kunci ancaman. Analisis matriks EFE menghasilkan jumlah total rata-rata tertimbang faktor strategis eksternal yaitu 3,041 yang menunjukkan kemampuan perusahaan yang tinggi (3,0-4,0) dalam merespon faktor eksternal seperti menangkap peluang dan mengatasi ancaman. faktor eksternal peluang yang dianggap paling mempengaruhi kegiatan usaha perusahaan yaitu tren hidup sehat dan alami dengan nilai rataan tertimbang 0.418 dan ancaman utama yang dihadapi oleh KBM Agroforestry adalah perubahan iklim yang mengancam ketersediaan pakan alami lebah dengan nilai tertimbang 0, 417. Kombinasi skor tertimbang IFE sebesar 2,83 dan EFE sebesar 3,04 tersebut menunjukkan bahawa KBM Agroforestry di kuadran II matriks IE, atau dengan posisi grow and build (tumbuh dan kembangkan) sehingga strategi yang cocok dijalankan ialah stategi intensif (penetrasi pasar, pengembangan pasar, pengembangan produk) atau strategi integratif (integrasi ke depan, integrasi ke belakang, integrasi horizontal). Analisis SWOT pada KBM Agroforestry menghasilkan delapan alternatif strategi yang berkaitan dengan posisi perusahaan dalam matriks IE. Strategi tersebut kemudian dibuat sesuai prioritas menggunakan analisis QSPM. Urutan strategi yang dapat diimplementasikan oleh perusahaan diantaranya adalah (1) Mengintensifkan kegiatan promosi di pasaran, khususnya di tingkat rumah tangga, (2) Melakukan riset mengenai konsumen (preferensi, kepuasan dan lain-lain), (3) Menurunkan harga jual produk di masa perkenalan produk, (4) Membuat fokus pasar dan wilayah prioritas pemasaran (misal: di wilayah Jawa Tengah terlebih dahulu), (5) Menggunakan sistem outsourcing atau pekerja antara untuk tenaga pemasaran, (6) Pengelolaan website secara kontinu sekaligus melayani penjualan melalui internet, (7) Bekerjasama dengan restoran-restoran ternama di Jawa Tengah untuk menjadi supplier tetap, dan (8) Meningkatkan kualitas dan mempertahankan keunggulan produk.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/131723
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H12frs.pdf
  Restricted Access
Fulltext1.05 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.