Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/128364
Title: Analisis pemasaran cabai merah besar (Capsicum annuum var.longum) di DKI Jakarta: Kasus di Pasar Induk Kramat Jati, Pasar Jatinegara, dan Pasar Tanah Abang DKI Jakarta
Authors: Asmarantaka, Ratna Winandi
Dongoran, Ahmad Suhaely
Issue Date: 1998
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Cabai sebagai salah satu komoditas hortikultura untuk jenis sayuran, memiliki manfaat yang besar dan dibutuhkan oleh hampir semua golongan masyarakat. Permintaan konsumen terhadap komoditas ini cenderung terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada tahun 1990 konsumsi cabai oleh masyarakat Indonesia sebesar 513.130 ton. Tahun 1995, konsumsi cabai sudah mencapai 1.069.500 ton. Pada periode Januari hingga September 1996 konsumsi cabai mencapai 915.980 ton. Permintaan terhadap cabai masih dapat diimbangi oleh produksi cabai setiap tahunnya. Tahun 1990, produksi cabai Indonesia barn sebesar 569.604 ton. Pada tahun 1995 produksi cabai sudah mencapai 1.589.977 ton, dan periode Januari - September 1996 mencapai 1.013.746 ton. Meskipun jumlah produksi masih dapat memenuhi permintaan cabai, sering terjadi ketidakseimbangan antara permintaan dan penawaran cabai. Akibatnya harga cabai di pasar tidak stabil. Distribusi cabai yang melibatkan lembaga pemasaran sangat mempengaruhi kestabilan harga dan efisiensi pemasaran cabai dari daerah produsen ke daerah konsumsi seperti DKI Jakarta. Oleh karena itu perlu ditelaah sampai sejauh mana efisiensi pemasaran cabai di daerah konsumsi DKI Jakarta.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/128364
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
A98ASD.pdf
  Restricted Access
Fullteks3.28 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.