View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Economic and Management
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Economic and Management
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Pengaruh Entrepreneuial Marketing dan Kinerja Pemasaran Terhadap Daya Saing pada UMKM Sentra Songkok di Kabupaten Lamongan Jawa Timur

      Thumbnail
      View/Open
      Fulltext (21.57Mb)
      Date
      2019
      Author
      Rusminah, Sani
      Sarma, Ma'mun
      Munandar, Jono M
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Kabupaten Lamongan memiliki potensi UMKM yang sangat baik, terbukti ditandai dengan berkembangnya usaha-usaha di desa yang banyak dijadikan sebagai sentra UMKM salah satunya adalah sentra songkok. Peran pemasaran menjadi semakin penting bagi UMKM karena, kondisi persaingan semakin kuat yang ditandai dengan munculnya pesaing-pesaing baru maupun berekspansinya pesaing yang sudah ada. Mayoritas wirausaha di Indonesia banyak didominasi oleh sektor UMKM, terlebih lagi ketika dihadapkan pada kawasan pedesaan, dimana kegiatan perekonomian masyarakat banyak didukung oleh kegiatan usaha yang masih didominasi oleh usaha-usaha skala mikro dan kecil.Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi karakteristik pelaku usaha UMKM Sentra Songkok, (2) mengukur kemampuan entrepreneurial marketing, kinerja pemasaran dan daya saing yang diterapkan pada pelaku usaha Songkok, dan (3) menganalisis pengaruh entrepreneurial marketing dan kinerja pemasaran terhadap daya saing pada UMKM sentra Songkok di Kabupaten Lamongan. Penelitian dilakukan pada Sentra Songkok di desa Pengangsalan Kecamatan Kalitengah Kabupaten Lamongan. Sumber data yang digunakan adalah data primer diperoleh dari penyebaran kuesioner dan wawancara kepada pelaku usaha songkok dan data sekunder diperoleh melalui berbagai literatur seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil, Badan Pusat Statistik dan data-data pendukung lainnya. Metode pengambilan sampel dilakukan menggunakan non probability sampling yakni sampling jenuh atau istilah lainnya adalah sensus. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh pelaku UMKM Sentra Songkok di Kabupaten Lamongan tepatnya di Desa Pengangsalan Kecamatan Kalitengah, berjumlah 75 pelaku usaha. Dilakukan penyebaran kuesioner dengan metode sensus terhadap seluruh pelaku usaha songkok dengan pengisian kuesioner diberikan rentang waktu selama kurang lebih 30 hari. Sedangkan analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif, analisis transformasi indeks dan Structural Equation Modeling-Partial Least Squares (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik pelaku usaha secara umum memiliki tingkat pendidikan yang baik, yaitu sebesar 64% memiliki pendidikan minimal 12 tahun. Pada sisi usia mayoritas pelaku usaha berada pada rentang usia produktif 30-40 tahun sebesar 41,4%. Sebesar 66,7% mayoritas pelaku usaha menjadikan usahanya sebagai pekerjaan utama bagi perekonomian mereka. Analisis transformasi indeks, pencapaian variabel entrepreneurial marketing cukup baik yakni sebesar 60%. Kemudian variabel kinerja pemasaran memiliki angka pencapaian yang baik yakni sebesar 70%. Daya saing memiliki angka pencapain yang kurang baik yakni sebesar 50%. Pada analisis SEM PLS, entrepreneurial marketing memiliki pengaruh positif terhadap kinerja pemasaran sebesar 9.145. Kemudian entreprenurial marketing memiliki pengaruh positif sebesar 4.317. Sedangkan kinerja pemasaran terhadap daya saing memiliki pengaruh paling rendah yakni sebesar 2.911. Hasil tersebut bisa dijadikan tolak ukur dalam mengembangkan usaha songkok, terutama dalam sistem pemasaran yang diterapkan oleh pelaku usaha. Kemudian pelaku usaha diharapkan memiliki jiwa seorang wirausaha agar usaha yang dijalankan dapat berkembang seiring dengan banyaknya pesaing. Selain itu, pelaku usaha diharapkan open mind terhadap berkembangnya teknologi dan informasi, dengan mengikuti pelatihan atau seminar terkait pemasaran kerajinan songkok agar dapat memasarakan atau mempromosikan produk yang dihasilkan dalam era digital marketing.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/97701
      Collections
      • MT - Economic and Management [2017]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository