Modal Sosial Dan Efektivitas Progam Corporate Social Responsibility PT Indonesia Power Dalam Pengembangan Perekonomian Desa (Kasus: Desa Purwabakti, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat).
Abstract
Menghasilkan pembangunan berkelanjutan dalam bidang ekonomi
merupakan salah satu tujuan utama dari diterapkannya program Corporate Social
Responsibility (CSR). Hadirnya modal sosial dapat menciptakan keeratan sosial dan
kerjasama yang akan mengarah pada terlaksananya tujuan program CSR. Penelitian
ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh karekteristik individu dan modal sosial
terhadap tingkat efektivitas program; menganalisis pengaruh modal sosial dan
tingkat efektivitas program terhadap keberlanjutan ekonomi peserta program.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif yang
didukung oleh data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan kekuatan modal
sosial dan tingkat efektivitas program berapa pada tingkat sedang, sedangkan
keberlanjutan ekonomi peserta program cukup tinggi. Pada penelitian ini modal
sosial mempengaruhi tingkat efektivitas program dan tingginya keberlanjutan
ekonomi peserta program. Namun, tidak ditemukan pengaruh antara tingkat
efektivitas program terhadap keberlanjutan ekonomi peserta program.