View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Mathematics and Natural Science
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Mathematics and Natural Science
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Penerapan Change Management dan Knowledge Management ITIL v.3 pada PATEN di Kecamatan

      Thumbnail
      View/Open
      Fulltext (21.00Mb)
      Date
      2018
      Author
      Khadijah
      Nurhadryani, Yani
      Hermadi, Irman
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      PATEN (Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan) merupakan sebuah pelayanan di kecamatan yang melayani kebutuhan masyarakat dalam satu pintu. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi pelayanan PATEN elektronik di kecamatan dengan menerapkan change management dan knowledge management menggunakan framework ITIL v.3. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dimana evaluasi dilakukan dengan memecahkan permasalahan yang telah diidentifikasi dari penelitian sebelumnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari sisi change management pemerintah kecamatan dapat menggunakan analisa SWOT untuk mengidentifikasi strategi perubahan dan metode agile untuk mengidentifikasi kebutuhan perubahan yang terjadi dalam pelayanan PATEN (dari manual menuju berbasis elektronik), mengidentifikasi dampak dari perubahan dengan menjawab pertanyaan 7 Rs (Raised, Reason, Return, Risks, Resources, Responsible, Relationship), mengelompokkan perubahan ke dalam 3 kategori dan membentuk tim agen perubahan untuk memaksimalkan implementasi perubahan. Sedangkan dari sisi knowledge management, pemerintah dapat mengembangkan aplikasi PATEN dengan menerapkan proses knowledge management yaitu mendesain transfer pengetahuan yang efektif, mengadopsi empat dimensi pengembangan e-service untuk pegawai kecamatan yaitu kualitas informasi, efisiensi teknis, reliable security dan komunikasi sehingga pelayanan yang diberikan dapat berjalan maksimal. Dari hasil penerapan change management dengan mengikuti framework ITIL v.3, didapatkan rekomendasi bahwa pihak kecamatan perlu membentuk tim perubahan, mengadopsi dan mendesain proses change management untuk pelayanan PATEN. Dari perumusan strategi dan kebutuhan perubahan didapatkan perlunya pengelolaan stakeholder dengan menjalin komunikasi dan keterlibatan dengan masyarakat, mengelola aset dan infrastruktur sebagai kebutuhan yang berulang, menetapkan perbaikan pelayanan sebagai prioritas, dan mengembangkan pelayanan sebagai inovasi. Sedangkan dari sisi knowledge management didapatkan rekomendasi untuk menjalankan proses knowledge management, menerapkan alternatif pembelajaran untuk mentransfer pengetahuan PATEN, mengembangkan e-learning dengan memasukan 4 dimensi e-service (kualitas informasi, efisiensi teknis, reliable dan keamanan, komunikasi) untuk meningkatkan performa pegawai, mendesain SKMS (Service Knowledge Management System) sebagai gambaran pengetahuan pada PATEN.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/96854
      Collections
      • MT - Mathematics and Natural Science [3064]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository