View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Resources and Environmental Economic
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Resources and Environmental Economic
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Penilaian Ekonomi Wisata dan Strategi Pengelolaan Wana Wisata Kawah Putih di Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

      Thumbnail
      View/Open
      full teks (2.056Mb)
      Date
      2018
      Author
      Sinaga, Maria Else Avrelia
      Istiqomah, Asti
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Wana Wisata Kawah Putih merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di Desa Alam Endah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Keberadaan wisata tersebut memberikan manfaat bagi masyarakat lokal yang mendirikan usahanya di dalam kawasan. Kuatnya daya tarik wisata ini dilihat dari keunikan sumber daya alam berupa Kawah Putih. Namun adanya kecenderungan jumlah kunjungan menjadi suatu hal yang perlu diperhatikan untuk kelangsungannya. Dengan demikian perlu adanya strategi pengelolaan agar Wana Wisata Kawah Putih bisa lebih berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi wisatawan, mengestimasi nilai ekonomi, menganalisis dampak ekonomi dari kegiatan wisata, dan menganalisis strategi pengembangan kawasan Wana Wisata Kawah Putih. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif, Travel Cost Method (TCM), multiplier effect, dan SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi wisatawan terhadap kondisi alam dinilai baik sedangkan persepsi terhadap beberapa fasilitas seperti toilet, tempat parkir dinilai cukup baik, aksesbilitas dan keamanan dinilai masih buruk. Nilai ekonomi Wana Wisata Kawah Putih sebesar Rp 1.556.462.334 per tahun. Dampak ekonomi langsung sebesar Rp 7.276.043.520 per tahun, dampak ekonomi tidak langsung sebesar Rp 2.427.908.160 per tahun, dan dampak ekonomi lanjutan sebesar Rp 391.875.972 per tahun. Nilai Keynesian income multiplier yaitu sebesar 1,05, ratio income multiplier tipe I sebesar 1,33, dan tipe II sebesar 1,38. Adapun SWOT menempatkan Wana Wisata Kawah Putih pada sel I yang mengindikasikan berada pada posisi tumbuh dan membangun. Adapun strategi yang dapat dilakukan yaitu dengan meningkatkan promosi wisata baik melalui media cetak, elektronik, maupun sosial media dan menambah atraksi tambahan di sekitar kawasan
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/95702
      Collections
      • UT - Resources and Environmental Economic [1592]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository