View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Mathematics and Natural Sciences
      • UT - Statistics and Data Sciences
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Mathematics and Natural Sciences
      • UT - Statistics and Data Sciences
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Perbandingan Metode K-Means dan AG K-Means dalam Penggerombolan Provinsi di Indonesia Berdasarkan Indikator Pendidikan

      Thumbnail
      View/Open
      Fulltext (1.735Mb)
      Date
      2018
      Author
      Putri, Melya Sari
      Masjkur, Mohammad
      Alamudi, Aam
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Pembangunan pendidikan merupakan salah satu investasi sumber daya manusia yang dapat memicu daya saing bangsa di era global. Pendidikan dinilai dapat meningkatkan kualitas SDM sebagai faktor pendukung utama untuk meningkatkan produktivitas nasional di berbagai bidang dan sektor pembangunan. Oleh karena itu, perlu dilakukan penggerombolan provinsi di Indonesia berdasarkan indikator pendidikan untuk memudahkan pemerintah melaksanakan pembangunan di bidang pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan kinerja penggerombolan dengan menggunakan metode k-means dan AG k-means. Kelebihan dari metode k-means adalah algoritmanya yang sederhana dan memberikan hasil yang cukup baik dalam mengelompokkan objek. Namun metode ini sangat bergantung pada penentuan titik pusat awal (initial centroid) yang ditentukan secara acak sehingga solusi gerombol tidak optimal. Metode alternatif yang dapat menentukan initial centroid yang lebih optimal adalah Algoritma Genetika (AG). Penggerombolan dilakukan berdasarkan indikator pendidikan dasar yaitu SD/MI serta SMP/MTs dan pendidikan menengah yaitu SMA/SMK/MA. Berdasarkan nilai rasio keragaman gerombol dari kedua metode, diperoleh hasil bahwa metode AG k-means memberikan hasil penggerombolan yang lebih optimal untuk menggerombolkan data indikator pendidikan di Indonesia
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/93240
      Collections
      • UT - Statistics and Data Sciences [1209]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository