Analisis Korelasi Kanonik Terhadap Indikator Pencapaian Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar Dan Akreditasi Sekolah Tingkat Smp/Mts
View/ Open
Date
2015Author
Isnaini, Kartika Nur
Susetyo, Budi
Sartono, Bagus
Metadata
Show full item recordAbstract
Akreditasi sekolah/madrasah dan Standar Pelayanan Minimal Pendidikan
Dasar (SPM Dikdas) merupakan dua program yang ditetapkan oleh pemerintah
untuk memberikan penjaminan mutu pendidikan sekolah/madrasah dan memiliki
acuan yang sama sehingga penting mengkaji hubungan antara kedua program
tersebut. Analisis korelasi kanonik mendefinisikan hubungan antara dua gugus
peubah. Korelasi kanonik pada umumnya menggunakan korelasi Pearson sebagai
pembentuk matriks korelasi sehingga jika terdapat peubah numerik dan dikotomi
dalam analisis, diperlukan koefisien lain yang lebih tepat yaitu koefisien korelasi
tetrachoric dan korelasi biserial. Hasil analisis korelasi kanonik dalam penelitian
ini menunjukkan bahwa tiga pasangan peubah kanonik dengan 79% hubungan
antara gugus peubah akreditasi dan gugus peubah SPM Dikdas yang dapat
dirangkum. Pasangan peubah kanonik pertama dengan korelasi sebesar 0.71
didominasi oleh peubah sarana prasarana dan tenaga kependidikan pada kedua
gugus data. Pasangan peubah kanonik kedua memiliki korelasi sebesar 0.46,
menggambarkan hubungan antara komponen standar isi, proses, dan pengelolaan
sekolah dengan SPM Dikdas yang berkaitan dengan sarana prasarana dan
manajemen sekolah. Pasangan peubah kanonik ketiga memiliki korelasi sebesar
0.33 dan menjelaskan hubungan antara komponen standar isi, pembiayaan, serta
penilaian dengan SPM Dikdas berkaitan dengan penjaminan mutu dan manajemen
sekolah.