Analisis Pengaruh Brand Image TelkomFlexi Prabayar terhadap Keputusan Pembelian Simcard Flexi Prabayar (Studi Kasus PT. TELKOM, Tbk AP 3 Dramaga-Bogor)
Abstract
Pada abad 21 ini, telekomunikasi sudah berkembang dengan pesat. Perkembangan itu dibuktikan dengan munculnya teknologi-teknologi dalam bidang telekomunikasi yang semakin beragam. Selain itu pertumbuhan perusahaan yang bergerak dibidang telekomunikasi berkembang dengan cepat ditandai dengan munculnya operator-operator baru yang ikut meramaikan pasar telekomunikasi. Oleh sebab itu TelkomFlexi harus mampu menghadapi persaingan, mengembangkan serta merebut market share (pangsa pasar). Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah membangun citra merek (brand image) yang kuat dimasyarakat sehingga memiliki kekuatan untuk menarik konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengidentifikasi karakteristik pengunjung PT Telkom Area Pelayan 3 Dramaga Bogor (2) Menganalisis brand image yang dimiliki oleh merek TelkomFlexi prabayar (3) Menganalisis pengaruh brand image TelkomFlexi prabayar terhadap keputusan pembelian TelkomFlexi prabayar (4) Merekomendasikan strategi pemasaran (STP) yang tepat untuk dijalankan oleh PT TELKOM AP 3 Dramaga-Bogor. Penarikan sampel dilakukan dengan convinience sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada pengunjung PT Telkom AP 3 Dramaga-Bogor. Metode analisis yang digunakan dalam pengolahan data adalah analisis deskriptif, uji cochran dan analisis regresi logistik. Berdasarkan hasil penelitian karakteristik pengunjung PT Telkom AP 3 dramaga dapat disegmentasikan kedalam kelas menengah kebawah. Dengan mayoritas pengunjung berjenis kelamin laki-laki sebesar 57% dengan rentang usia 21-35 tahun sebesar 60%. Bekerja sebagai pegawai (PNS/BUMN/Swasta) dengan nilai sebesar 62%, penghasilan Rp 1.600.001 – Rp 2.400.000,- pendidikan terakhir mayoritas SMA sebesar 41% dengan pengeluaran pulsa sebesar Rp. 50.001-Rp. 100.000.- per bulan sebesar 41%.
Collections
- UT - Management [3457]