PEmanfaatan Jaringan Internet sebagai Salah Satu Alternatif Strategi Pemasaran Ekspor Ikan Hias, Studi Kasus Pada CV. Aquatic Indonesia, Bogor
Abstract
Ikan hias merupakan salah satu jenis hasil perikanan di Indonesia yang belum memperoleh perhatian yang besar dibandingkan dengan komoditas pertanian lain pada umumnya, dimana komoditas tersebut dapat memberikan andil tidak sedikit bagi pemasukan devisa negara. Indonesia terkenal dengan berbagai varietas ikan hias yang tidak dihasilkan oleh negara lain, seperti jenis Botai macracantha dari Jambi, Pontianak dan Banjarmasin, ataupun jenis rainbow yang memperoleh dari pedalaman Irian Jaya. Sampai saat ini Indonesai terkenal sebagai penghasil ikan hias terbesar di dunia, namun pemasaran yang dilakukan terbatas pada negara tetangga yang lebih mendominasi pasar, seperti Singapura. Eksport ikan hias ke Singapura mencapai 70 persen dari total eksport ke seluruh dunia.
Collections
- UT - Agribusiness [4254]