Analisis Niat Wisatawan Usia Muda untuk Berkunjung ke Agrowisata di Kabupaten Lampung Timur Disaat Pandemi Covid-19
Abstract
Kontribusi pariwisata mengalami penurunan selama pandemi Covid-19. Agrowisata sebagai pariwisata alternatif dapat diarahkan untuk pemulihan sektor pariwisata. Kabupaten Lampung timur merupakan pelopor agrowisata dan menjadi wilayah pengembangan agrowisata di Provinsi Lampung. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh sikap, norma subyektif, kontrol perilaku yang dirasakan, dan persepsi risiko terhadap niat wisatawan serta persepsi risiko terhadap sikap. Niat berkunjung ke agrowisata dlihat menggunakan Theory of Planned Behavior (TPB) yang diperluas. Metode analisis menggunakan Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS). Penarikan sampel menggunakan metode non-probability dengan teknik purposive sampling, didapatkan 124 responden terlibat dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap dan kontrol perilaku yang dirasakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat berkunjung, sementara norma subyektif tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap niat berkunjung. Variabel persepsi risiko tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap sikap, namun memiliki pengaruh yang signifikan terhadap niat berkunjung. The contribution of tourism decreased during the Covid-19 pandemic. Agrotourism as alternative tourism can be directed to the recovery of the tourism sector. East Lampung Regency is a pioneer of agro-tourism and is an agro-tourism development area in Lampung Province. This study aims to analyze the effect of attitudes, subjective norms, perceived behavioral control, and risk perceptions on tourist intentions and risk perceptions on attitudes. The intention to visit agro-tourism is seen using the expanded Theory of Planned Behavior (TPB). The analysis method uses Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS). Sampling using a non-probability method with a purposive sampling technique obtained 124 respondents involved in the study. The results showed that perceived attitudes and behavioral control had a positive and significant effect on visiting intentions, while subjective norms did not have a significant effect on visiting intentions. The risk perception variable does not have a significant effect on attitudes but has a significant effect on visiting intentions
Collections
- UT - Management [3354]