Pengaruh Kompetensi Duta Wisata terhadap Akselerasi Promosi Agrowisata Sawah Solok
Abstract
Ajang kecantikan saat ini memiliki eksistensi yang cukup besar di tengah masyarakat Indonesia. Banyaknya ajang pemilihan Putri Indonesia, Duta Budaya, hingga Duta Wisata di tingkat nasional dan daerah membuat indikator pengukuran kompetensi dan faktor yang memengaruhi kontestan dalam melaksanakan tugasnya menjadi penting. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh karakteristik individu, kompetensi duta wisata, dan faktor eksternal pada duta wisata terhadap performanya dalam melaksanakan promosi Agrowisata Sawah Solok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang didukung dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini merupakan explanatory research dengan jumlah responden sebanyak 30 orang yang menggunakan uji regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang memengaruhi duta wisata dalam promosi Agrowisata Sawah Solok adalah angkatan, kemampuan komunikasi, dukungan komunitas, dan dukungan pemerintah. Beauty pageant events currently have a fairly large existence in the midst of Indonesian society. The number of events for the selection of Putri Indonesia, Cultural Ambassadors, and Tourism Ambassadors at the national and regional levels makes competency measurement indicators and factors that influence contestants in carrying out their duties important. This study aims to see the influence between individual characteristic, competence and external factors on tourism ambassadors on their performance in carrying out their role to promote Sawah Solok Agro-tourism. This research using a quantitative approach supported by qualitative approach. This is an explanatory research with 30 respondents using regression analyses. The result of this research show that generation, communication skill, the support of community and local government influence the tourism ambassador in promoting Sawah Solok Agro-tourism.