View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Resources and Environmental Economic
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Resources and Environmental Economic
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Analisis Usahatani dan Pemasaran Bunga Potong Anggrek Vanda douglas di Kecamatan Pamulang Kota Tangerang Selatan

      Thumbnail
      View/Open
      Fulltext (31.85Mb)
      Date
      2019
      Author
      Anindya, Devita
      Sapanli, Kastana
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Provinsi sentra penghasil anggrek tertinggi berada di Provinsi Banten. Kecenderungan biaya produksi yang semakin meningkat dan harga bunga potong anggrek yang berfluktuasi menyebabkan pendapatan petani tidak menentu. Petani anggrek di Kecamatan Pamulang juga masih sangat bergantung kepada tengkulak. Adapun tujuan penelitian ini, yaitu: (1) menganalisis pengaruh kenaikan harga input dan fluktuasi harga terhadap profitabilitas petani anggrek Vanda douglas di Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan; (2) menganalisis lembaga, saluran, dan fungsi pemasaran pada sistem pemasaran usahatani anggrek Vanda douglas di Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan; dan (3) menganalisis efisiensi sistem pemasaran usahatani anggrek Vanda douglas di Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis pendapatan usahatani, R/C ratio, analisis marjin pemasaran, analisis farmer’s share, dan analisis rasio keuntungan terhadap biaya pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usahatani tersebut sudah memberikan keuntungan bagi petani. Lembaga-lembaga pemasaran yang terlibat dalam kegiatan pemasaran bunga potong anggrek Vanda douglas di Kecamatan Pamulang, yaitu pedagang pengumpul desa, pedagang besar, pengecer, dan florist. Semua lembaga pemasaran yang terlibat melakukan fungsi-fungsi pemasaran utama, yaitu fungsi pertukaran, fungsi fisik, dan fungsi fasilitas. Terdapat lima saluran pemasaran bunga potong anggrek Vanda douglas. Berdasarkan hasil analisis efisiensi pemasaran, saluran IV merupakan saluran yang paling efisien.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/101524
      Collections
      • UT - Resources and Environmental Economic [1787]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository