Revitalisasi Model Bisnis Seuri: Supporting Souvenir for Indonesia Tourism
View/Open
Date
2019Author
Mustikadewi, Raden Ajeng Faadhila Ramadhanti
Zulbainarni, Nimmi
Metadata
Show full item recordAbstract
Seuri adalah bisnis yang bergerak dalam bidang industri kreatif yaitu suvenir yang menggunakan bahan campuran susu yang tidak layak konsumsi. Seuri memiliki harapan jangka panjang untuk bisnisnya, tetapi terdapat beberapa masalah yang disebabkan belum tertatanya model bisnis Seuri saat ini sehingga menghambat aktivitas bisnisnya. Oleh karena itu, diperlukan rebitalisasi terhadap model bisnis Seuri. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengidentifikasi model bisnis yang saat ini diterapkan oleh Seuri, (2) menganalisis faktor internal dan faktor eksternal pada Seuri, dan (3) menentukan revitalisasi model bisnis Seuri berdasarkan analisis SWOT. Penelitian ini bersifat kualitatif, yaitu dengan menggunakan analisis deskriptif terhadap BMC dan SWOT. BMC berguna untuk memberi gambaran aktivitas bisnis Seuri dan analisis SWOT dalam penelitian ini menghasilkan rumusan strategi yang disusun ke dalam matriks SWOT. Strategi yang telah dirumuskan menghasilkan BMC yang baru sebagai dampak dari revitalisasi. BMC yang terdiri atas sembilan elemen mengalami perubahan berupa penambahan aspek pada beberapa elemen yaitu: segmen pelanggan, saluran distribusi, hubungan pelanggan, arus pendapatan, sumber daya utama, aktivitas kunci, mitra kunci, dan struktur biaya.
Collections
- UT - Business [460]