Analisis Gender terhadap Penggunaan Media Sosial, Strategi Koping Personal dan Tingkat Kebahagiaan pada Generasi Z.
Abstract
Peningkatan sumber daya manusia berkualitas dapat direfleksikan melalui
peningkatkan kebahagiaan bagi generasi penerus bangsa. Penelitian ini bertujuan
menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi strategi koping personal dan
tingkat kebahagiaan pada generasi Z. Metode dalam penelitian menggunakan
survei secara self-administered dengan menggunakan kuesioner. Penelitian
melibatkan 289 mahasiswa PPKU IPB yang dipilih dengan teknik cluster random
sampling. Data dianalisis menggunakan software SPSS yang mencakup analisis
deskriptif, uji beda independent t-test, analisis korelasi, dan analisis regresi
berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa laki-laki dan perempuan tidak
terdapat perbedaan signifikan dengan penggunaan media sosial, strategi koping
personal, dan tingkat kebahagiaan. Selain itu, usia berhubungan negatif signifikan
dengan tingkat kebahagiaan, sedangkan biaya pulsa perbulan berhubungan positif
signifikan dengan penggunaan media sosial. Penggunaan media sosial
berhubungan positif signifikan dengan strategi koping personal dan tidak
berhubungan dengan kebahagiaan. Strategi koping personal memiliki hubungan
positif signifikan dengan kebahagiaan. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa usia
berpengaruh negatif signifikan terhadap kebahagiaan. Pengaruh ini hanya didapat
bagi laki-laki, sedangkan bagi perempuan tidak ada pengaruh yang signifikan.
Faktor yang mempengaruhi tingkat kebahagiaan adalah strategi koping khususnya
pada dimensi berelasi, baik pada laki-laki dan perempuan, sedangkan penggunaan
media sosial bukan merupakan faktor yang mempengaruhi tingkat kebahagiaan.
Secara keseluruhan perempuan lebih bahagia dibanding laki-laki.