Show simple item record

dc.contributor.advisorMunandar, Jono M
dc.contributor.authorUlhaq, Reyna Nadhya
dc.date.accessioned2019-11-06T01:31:53Z
dc.date.available2019-11-06T01:31:53Z
dc.date.issued2019
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/99745
dc.description.abstractPada 2018, Kementerian Pertanian mengubah Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH). Perubahan tersebut menyebabkan pintu perdagangan internasional hortikultura Indonesia semakin terbuka dan berpotensi banjir impor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efisiensi saluran pemasaran dan merancang strategi pemasaran kentang Kecamatan Kejajar agar Kentang Kejajar memiliki keunggulan kompetitif dan komparatif dalam menghadapi potensi banjir impor. Metode pengambilan data yaitu dengan metode wawancara. Alat analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis efisiensi pemasaran dan Analytical Networking Process (ANP). Data diolah dengan menggunakan software Super Decission dan Ms.Exel. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat empat saluran pemasaran setara di Kecamatan Kejajar Saluran 1 meliputi petani – konsumen, Saluran 2 meliputi petani – pengepul kecamatan – pengecer – konsumen, Saluran 3 meliputi petani – pengepul kecamatan - pengepul kabupatenpedagang besar- pengecer dan Saluran 4 meliputi petani – pedagang besar – pengecer – konsumen. Apabila dilihat dari indikator margin pemasaran, saluran pemasaran dengan efisiensi tertinggi yaitu saluran 4 dengan marjin terendah sebesar 54% dan nilai farmer’s share yang relatif besar senilai 45%. Sedangkan strategi yang menjadi prioritas untuk pemasaran kentang Kecamatan Kejajar yaitu strategi penjualan yang stabil sepanjang musim. Bauran pemasaran yang menjadi prioritas tertinggi yaitu bauran promotion tepatnya pada strategi hubungan masyarakat yaitu sebesar 32%.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcManagementid
dc.subject.ddcMarketingid
dc.subject.ddc2019id
dc.subject.ddcWonosobo-Jawa Tengahid
dc.titleAnalisis Efisiensi Saluran Pemasaran Kentang (Studi Kasus Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo).id
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordANPid
dc.subject.keywordefisiensiid
dc.subject.keywordkentangid
dc.subject.keywordsaluran pemasaranid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record