Open Collaboration dalam Peningkatan Penetrasi Pasar Creative Coworking Space ‘Conclave’.
Abstract
‘Conclave’ merupakan pioneer creative coworking space di Jakarta. Optimalisasi potensi open collaboration akan menjadi alat efektif untuk meningkatkan pangsa pasar ‘Conclave’. Tujuan penelitian ini : 1.Mengidentifikasi produk dan layanan yang ditawarkan ‘Conclave’ dan juga karakteristik konsumen serta mitra dalam lingkungan ‘Conclave’, 2. Mengkaji keberadaaan open collaboration untuk mempromosikan ‘Conclave’, 3. Memformulasikan strategi penetrasi pasar. Analisis deskritif, model Miles dan Huberman, dan gamechanger digunakan sebagai metode penelitian. Hasil penelitian produk dan layanan 'Conclave' yaitu working space, private office, event space dan virtual office. Karakteristik konsumen dan mitra ‘Conclave’ yaitu kelompok working dan family milenial selain itu, adanya generasi (X). Peran open collaboration ‘Conclave’ yaitu dukungan produk secara kolektif, kolaborasi yang dimediasi melalui platform online dan offline, antisipasi low barrier to entry and exit, dukungan terhadap munculnya struktur sosial yang konsisten. Formulasi penetrasi pasar dapat dirumuskan melalui gamechanger fokus terhadap dimensi mengapa, siapa, bagaimana dan apa kemudian dimplementasikan melalui bauran pemasaran 4C yaitu menekankan strategi intensif 2C currency dan conversation.
Collections
- UT - Business [460]