Daya Saing Produk Bambu Indonesia di Pasar Internasional
View/Open
Date
2019Author
Simbolon, Maria Sondang Triyuniati
Simangunsong, Bintang CH
Metadata
Show full item recordAbstract
Indonesia adalah negara ketiga di Asia setelah Cina dan India yang memiliki
sumberdaya bambu yang melimpah. Bambu digunakan sebagai substitusi kontruksi
bangunan, mebel, flooring dan berbagai macam produk bambu lainnya serta dapat
dimanfaatkan sebagai bahan baku pulp dan kertas serta sumber energi biomassa.
Indonesia telah mengekspor berbagai macam produk bambu antara lain batang
bambu (Bamboo used primarily for plaiting), arang bambu (bamboo charcoal) ,
lantai bambu (bamboo flooring), papan lapis dari bambu (bamboo plywood), tikar
dan layar bambu (bamboo mats & screens), anyaman bambu dan barang anyaman
(bamboo plaits and plaiting articles), pulp dari bambu (bamboo pulp) dan barang
kertas bambu (bamboo paper articles). Tujuan penelitian adalah menganalisis daya
saing komparatif dan kompetitif serta faktor-faktor yang memengaruhi
pertumbuhan ekspor produk bambu Indonesia di pasar internasional pada periode
2013-2017. Teknik analisis yang digunakan berturut-turut adalah Revealed
Comparative Advantage (RCA), Indeks Spesialisasi Perdagangan (ISP) dan
Constant Market Share (CMS). Hasil penelitian ini menunjukan batang bambu dan
arang bambu memiliki daya saing yang kuat dan berada pada tahap kematangan,
sementara produk lantai bambu,papan lapis bambu, tikar dan layar bambu serta
anyaman dan barang anyaman bambu memiliki daya saing yang lemah dan berada
pada tahap pertumbuhan. Pulp dari bambu dan barang kertas dari bambu pernah
memiliki keunggulan komperatif dan kompetitif tetapi keunggulan daya saing terus
menurun bahkan sampai tahap kembali mengimpor. Analisis CMS menunjukan
komposisi komoditas memberi pengaruh yang positif pada pertumbuhan ekspor
sementara permintaan pertumbuhan standar dan daya saing memberikan pengaruh
yang negatif.
Collections
- UT - Forestry Products [2405]